Minggu, 26 Mei 2013

Touring De Sulawesi

Dear beauties,, maaf kalo posting ini tdk membahas kosmetik, makeup atau alat-alat cantik lainnya, melainkan aku mau share pengalaman touringku naik motor bersama suami di Sulawesi. Siapa tahu ada teman-teman yang belum pernah berkunjung ke Sulawesi, atau teman-teman ingin tahu bagaimana keadaan alam, geografis (pelajaran banget), dan keadaan jalan di Sulawesi yang sebenernya ?

Yuk Mariii....
Aku ini suka banget yang namanya Touring pake motor, nah suamiku ini juga hobby banget naik motor, apalagi motor besar kayak ninja gitu, nah kami berdua dari sejak pacaran sampe menikah suka touring semua, waktu sebelum pindah ke Sulteng, alias masih di Jogja, aku & suami touring start dari Jogja-Solo-Malang-Surabaya-Gresik-Semarang-Temanggung-Magelang-Jogja kembali.
Nah, waktu itu kita touringnya pas masih penganten baru, masih masa-masa honeymoon, jadi menikahnya Januari 2011, Touring ke Jawa Timurnya Maret 2011 pas Ulang Tahunku :) jadi itu suamiku datang dari Tolitoli ke Jogja buat touring ,, aseek so sweet,, Ohya suamiku ini asli jateng juga, dari Temanggung,, bukan dari Sulteng.

Terus..teruss...
Touring Sulawesinya kapannn???
Kita touring Sulawesi pertengahan Juni 2011, setelah aku pindah di Tolitoli. Nahh,, pertama nyampe Tolitoli tuh langsung suamiku dapet undangan dari kantor wilayah kerjanya yang di Manado untuk seminar di Manado, langsung suamiku spontan menawariku untuk touring pake motor Ninja, Sebelumnya dia pernah ke Manado tapi naik mobil via Gorontalo, dan naik Pesawat via Palu. Tapi ini naik motor, belum pernah terbayang bagaimana kondisi jalan menuju Manado saat itu soalnya pas naik mobil, suamiku tidur terus jadi ga kerasa katanya, soalnya kalo udah tidur bener-bener susah dibangunin. Kalau naik mobil sekitar 2 hari 1 malam perjalanan,, capek juga soalnya Tolitoli-Manado sekitar 850 km,,bayangkan sodara-sodara, seperti jarak Jakarta-Surabaya..tapii tapiii kalo di Jawa kan jalannya mulus dan banyak warung makan, lha ini di Sulawesi jalannya berbatu, hanya sedikit yang sudah diaspal dan jarak warung makannya jauh-jauh.

Pertama-tama aku isi bensin dulu yaa

Ini aku tanpa makeup, cuma pake pelembab dan sunblock

Ini pas mampir di salah satu pantai di Tolitoli Utara, mukaku masih senyum-senyum soalnya masih sebentar perjalanan dan belum capek, masih 2 jam dari Kota Tolitoli

Ini sampe di Kabupaten Buol, sebelah timur Tolitoli, itu ada batu susun,katanya salah satu objek wisata di Buol. Rambutku masih coklat banget.

Jalan ini udah lumayan banget buat jalan motor, yang sebelumnya haduh becek banget dan berlumpur, sedang ada pembangunan jalan beraspal, kalau sekarang udah bagus udah jalan beraspal.

Yang ini nih lingkungan rumah penduduk di Buol, jalannya masih banyak batu

Setelah kami melewati perumahan penduduk yang jalannya berbatu-batu itu, kok ban motornya bocor, kempes, akhirnya kita berdua jalan menuntun motor sambil cari2 bengkel. Sejauh mata memandang, kok ga ada bengkel ya, akhirnya ketemu 1 bengkel sangat sederhana milik Pak Sumardi di desa Lokodoka di Buol. Singkat cerita, hari itu apes banget kita berdua, udah ban bocor, trus ga bisa cepet betulinnya soalnya agak dalam bocornya jadi kemungkinan besar ga bisa lanjut hari itu soalnya udah malam dan dilarang sama penduduk sekitar kalo meneruskan perjalanan, karena cuaca yang sangat buruk dan hujan. Ohya kalo di beberapa desa di Buol itu listrik cuma masuk dari pagi sampai sore, otomatis malam hari mereka cuma pake lilin, atau lampu minyak. Akhirnya kita putuskan untuk menginap di rumah bapak Sumardi itu.

Itu aku pake sarung pinjam punya Pak Sumardi soalnya celana jeansku basah kuyup, rasanya udah kaya ikut acara "ethnic runaway di Trans TV"

Keluarga Pak Sumardi sangat ramah, kami dibuatkan indomie goreng dan telur dadar, bahkan sampai dibelikan minuman air mineral Aqua

Pagi harinya setelah mandi, sekitar jam 9.00 wita, kami bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke Manado, ini foto kenang-kenangan bersama keluarga Pak Sumardi dan tak lupa saya minta nomor HP.

Kami melewati jalan yang berbatu seperti ini hampir di seluruh jalan Trans Sulawesi

Setelah sekitar 2 jam akhirnya saya sampai di suatu desa di Buol (maaf saya lupa namanya), sudah mau dekat ke perbatasan Gorontalo, alhamdulilah bisa melihat air terjun Talokan, air terjun ini bagus sekali, airnya berwarna hijau,

Akhirnya, setelah puas foto-foto, kita lanjut kembali perjalanan via Gorontalo trus ke Manado, sayang banget aku ga ada foto di Gorontalo soalnya udah agak buru-buru juga, dari Tolitoli hari rabu pagi, acaranya jumat pagi, so menginap semalam jadi kejar waktu. Akhirnya hari jumat pagi kita sampe di kota Manado, sekitar jam 07.00 wita. Fyuhhh,,, capek banget, tapi kereennn banget bisa naik motor sejauh 850 km, hampir sepanjang mulai Jakarta-Surabaya.

Pas paginya  nyampe Manado, kita berdua langsung menuju Hotel Central yang lokasinya di pusat kota, pas di depan Gramedia Manado, tapi sayangnya kamarnya sempit, karena udah terlanjur dibooking-in sama temen suamiku ya udah deh langsung masuk aja, nah pas mau mandi & acara kantor mulai jam 9 wita, kita bingung cari tas yang isinya baju-baju kita, karena sebelumnya tas dititip ke temen kantor yang katanya ditinggal di hotel Central ini, eh pas aku telpon temen suamiku, ternyata dia lupa kalau tasnya masih ada di rumahnya di Manado (teman suamiku ini asli Manado)  dan dan dan,, dianya udah ke Jakarta untuk acara yang lain lagi. Wah langsung pagi itu suamiku jalan ke area pertokoan Mall di Manado yang terkenal dengan nama Boulevard Manado, jadi Mall di Manado ada di sepanjang jalan Boulevard di pinggir pantai. Belum banyak toko yang buka, cuma ada Multimart (sejenis Carrefour, besarnya juga sama, cuma ada di Manado & Makasar), langsung suamiku beli celana panjang 1, kaos oblong, dan kemeja buat hadirin acara kantor itu.

Nah, akunya langsung mandi trus sarapan, setelah itu kita berdua sepakat buat pindah hotel, akhirnya aku cari hotel yang agak lumayan bagus, Hotel Quality yang letaknya persis berhadapan dengan Manado Town Square (ManTos), jadi ada di hadapan laut, kebetulan waktu itu kamar yang standar penuh, jadi kita pilih yang medium, lumayan rekk, 800ribu/malam, aku pikir-pikir ah gapapa lah, sekali-kali ke hotel, kan kemaren udah capek naik motor, itung2 Bulan Madu part 2

Langsung tepar di kamar hotel Quality Manado No.211 ini...

Lumayan besar, ada kursi buat tamu juga

Malemnya aku langsung tepar par par, habis mandi aku tidur & ga dengar suara telpon, ketuk pintu or lainnya, secara suamiku keluar beli makanan, trus ga sengaja aku kunci pintu dari dalem, nah, ada kartu pass kayak kartu ATM gitu yang hanya bisa dibuka pake itu & orang dari luar kamar ga bisa buka, bahkan pihak hotel juga ga bisa buka, hanya bisa telpon...Nah suamiku pas pulang, dia ketuk-ketuk pintu, aku ga denger, ditelpon hapeku, aku juga udah tepar, sampe ditelpon sama mbak-mbak resepsionis sampe berkali-kali, tetep ga denger. Suamiku akhirnya menyerah lalu dia pergi lagi jalan sepanjang Boulevard, akhirnya balik ke hotel, tetep aku ga bisa bangun, akhirnya dia ketiduran di loby hotel sampe jam 12 malem, aduhh aku jadi merasa bersalah,  guilty feeling hehe, untungnya dia ga marah :)

Paginya, hari ke 2 kita di Manado, waktunya wisata & jalan-jalan....
Asyiknya karena bawa motor jadi bebas keliling kota Manado. Ada angkutan kota (angkot) kecil yang full music, setel lagunya kenceng-kenceng, sampe kedengeran dari dalam lobby hotel. Sebelum berangkat, aku check out dari Hotel Quality, trus lanjut cari hotel yang lebih murah, akhirnya aku ke hotel Galaxy yang letaknya pas di perempatan besar tapi katanya agak berhantu (dikasih tau temen pas pulang dari Manado). Hari ini rencana mau ke daerah Kawangkoan, daerah penghasil kacang tanah, sampe ada tugu bentuknya kacang tanah. Sayang, aku lupa mau fotoinnya. Kawangkoan terletak di daerah Tomohon yang terkenal dengan festival bunga tiap tahun yang dihadiri oleh negara di luar Indonesia, Tomohon ini juga terkenal dengan pasarnya yang menjual berbagai macam daging, mulai dari Kelelawar, tikus hutan, anjing, babi, ular dll. Nyaliku ciut mau masuk pasarnya, jadi aku cuma lewat aja, ngeri aku lihat hewan-hewan begitu, cukup liat dari TV ajaa..

Kenapa pergi ke Kawangkoan sih, pertama, ada objek wisata Bukit Kasih (Bukit Perdamaian), kenapa dibilang bukit kasih? karena ada 5 bangunan tempat ibadah yang dibangun diatas bukit dan kalau mau melihatnya, harus menaiki anak tangga yang jumlahnya konon ratusan. Alasan yang kedua, berkunjung ke rumah tetangga kontrakanku selama di Jogja yang memang asli Manado, jadi aku ketemu sama putranya, namanya Landi. Bapak-ibunya ini kontrak di Jogja karena ibunya ambil tugas belajar di UGM, Pasca Sarjana S2 Kimia, ibunya ini dosen di Universitas Samratulangi, Manado.

Foto bersama Landi sebelum pulang

Landi ini seumuranku, setahun lebih tua dariku

Setelah dari rumah Landi, langsung ke lokasi bukit kasih, lumayan dekat dari rumah Landi, kita berdua cari sendiri lokasinya pake hp gps, kalo ga ketemu baru tanya penduduk. Cuaca di kawangkoan saat itu mendung, hujan gerimis, memang disana dingin banget kayak di Wonosobo, padahal di kota Manado panas banget.

Ini dia tugu perdamaian

close up

makan jagung bakar duluu (mirip di kaliurang, Jogja)

keluar asap belerang

Ini foto mode panorama dari hp, diambil dari puncak bukit kasih, terlihat penampakan kota manado

Capek banget naik tangga yang tinggi & jumlahnya ratusan anak tangga...
Sampe diatas, haus & pas mau beli minum, harganya busett mahal bener, Minute Maid Pulpy Orange jadi 12 ribu,, maklum juga, bawanya juga capek jalan kaki hehe

Akhirnya setelah kira-kira puas foto2 & jalan2 di bukit kasih, langsung melunjur menuju kota Manado, nyesel juga ga sempat ke danau Tondano, besok lagi kalau liburan ke Manado deh. Pas di jalan, hujan deras, trus apes, ban depan bocor, ada paku nancap di ban, wahh langsung lemes aku bayangin jalan yang lumayan jauh karena susah cari tambal ban, ga seperti di Jawa yang banyak banget ada tukang tambal ban di sepanjang jalan. Setelah berjalan lagi sekitar 1-2 km, akhirnya ketemu juga, waktu itu udah jam 20.00 wita, wahh langsung kebayang aku ga bisa beli oleh-oleh khas Manado karena toko udah tutup. Baru jam 21.30 wita selesai diperbaiki, langsung meluncur ke Hotel & tepar bobo..

Paginya, rencana kita mau ke kota Bitung buat cari kapal jurusan Tolitoli dari pelabuhan Bitung. Perjalanan memakan waktu 1 jam. Setelah sampe ke pelabuhan, aku tanya ke bagian informasi kapal Pelni, ternyata jalur ke Tolitoli udah lama diberhentikan, so aku cari kapal swasta lain, sampe aku tanya ke nelayan & orang di pelabuhan, semua kompak bilang ga ada. Fyuhhh rasanya pengen pingsan deh soalnya aku udah ngebayangin perjalanan pulang jauh bangett...

Keluar dari pelabuhan, akhirnya aku terpikir ide buat cari bus ke terminal Bitung, langsung aku ke bagian agen, alhamdulilah akhirnya ada bus tapi cuma sampe gorontalo, ya gapapa yang penting naik bus dulu, ntar nyambung lagi dipikir nanti, tapi bus berangkat jam 6 pagi besoknya. Berarti malam ini aku harus nginap di Bitung, langsung aku cari penginapan di dekat terminal. Untungnya si empunya agen bus, namanya Pak Ahyari berbaik hati memberi tahu lokasi penginapan yang muran dan bersih, akhirnya dapet di Penginapan Crissan, semalam cuma 100 ribu, bersih pula. Ohya pak Ahyari ini perawakannya mirip penyanyi campursari, Didi Kempot. Kesan pertama kukira preman galak, ternyata berhati pink hehe..

Malemnya langsung aku cari toko oleh-oleh khas Manado-Bitung, ada di dekat pasar tua Bitung di dekat pelabuhan..

mirip menara Eiffel di Paris, di belakangnya gereja katedral

monumen ikan tuna

Setelah puas jalan-jalan malem & belanja oleh-oleh, istirahat dulu buat persiapan besok pagi pulang jam 6 pagi jadi kudu siap jam 5 di terminal.

Ninja diangkut di belakang bus dan diikat pake tali tambang

Sumpe,,kaget bener pas ninja mau diikat di belakang bus, eh ternyata serius, diangkat sekitar 4 orang, buseett kuat bener orang2 ini, bayangkan kalau di Jawa ga sampe ditaruh begitu, paling ditaruh diatas bus. Kita berdua ngikut aja yang penting percaya & optimis kalo motornya ga kenapa2.

Mejeng dulu sama mas kenek

Foto diatas pas berhenti istirahat makan di daerah Bolaang Mongondow Utara, salah satu kabupaten di Sulawesi Utara sekitar jam 1 siang.

Singkat cerita, sampe gorontalo jam 17.00 wita, kebablasan sopirnya kasih turun aku di terminal Gorontalo, padahal kita mau ke pelabuhan Anggrek mau cari kapal. Terpaksa aku naik bentor (becak motor) sampe ke pelabuhan, haduh ga ada juga kapal ke Tolitoli, udah hampir putus asa akhirnya kita makan malam dulu, trus singgah di pom bensin SPBU di daerah Kwandang, kita istirahat sambil menunggu kalau ada mobil rental yang bisa dipesan ke Tolitoli, akhirnya sampe jam 03.00 pagi kita tunggu ga ada, trus ada orang gorontalo berbaik hati pesankan mobil ke Tolitoli tapi berangkat jam 14.00 wita, ya udah gapapa yang penting ada. Kakiku mau putus rasanya. Suamiku berangkat jam 07.00 pagi naik ninjanya, aku naik mobil, jadi kita berpisah dulu. Selama nunggu sampe jam 2 siang itu aku dimasakin masakan khas gorontalo, lupa namanya tapi pedassss banget, daging sapi yang dimasak pake santan dan ada kelapa parutnya. Orang Gorontalo tuh ramah-ramha dan masih polos, aku sempat kepikiran, bisa ketemu Norman Camaru chaya chaya ga ya hahaha..

Sampe di Tolitoli jam 05.00 pagi rasanya legaaa nbanget, suamiku udah nyampe jam 21.00 wita, wuihh cepet banget emang pembalap dia. Temanggung-Jogja aja pernah cuma setengah jam..

Karena kecapean, pintu depan ga dikunci ma suamiku, nyampe kamar langsung tidur..

Inilah perjalanan terlamaku selama ini,, tapi pengalamannya juga banyak dan ga akan terlupa.

Makasih udah mampir baca ceritaku,,apa ceritamu??