Minggu, 03 Februari 2013

Skin Care Review

This is my third post...

Post kali ini aku pengen share tentang perawatan wajah dan tubuh DIY (Do It Yourself). Perawatan ini sangat penting lho,, bahkan walau kalian jarang makeup, apalagi yang hampir tiap hari pakai makeup,, hukumnya wajib, Kenapa? Biar kulit wajahmu senantiasa bersih, halus, bersinar alami dan tentunya sehat. Sehat = Cantik

Adakalanya kita malas buat ngelakuin ritual yang bertele-tele dan banyak banget itu, tapi that's it! Tidak ada yang instan, semua butuh proses dan usaha tentunya. Sering kalo aku keluar n ketemu teman di jalan, ada yang tanya, "eh mbak, kamu perawatannya pake apa ya?" atau "mbak, kamu sering ke skincare dokter ya?",, aku jawab, "nggak, aku rutin perawatan sendiri di rumah kok". Lalu temanku cuma bilang, ah masa??. 

Dari pengalamanku nih, aku mulai tahu pake masker, peeling, luluran sejak kelas 3 SMP, pas itu aku baru sering pake masker mustika ratu bengkoang yang bubuk, bagus loh, wajah semakin cerah. Pas usia smp, kulitku coklat gelap. Sejak smp juga aku mulai pake krim Ponds yang pink itu yang pertama kali, yg sekarang namanya Ponds White Beauty, trus lanjut pake Ponds Flawless White.

Ga ada kata terlambat untuk melakukan itu semua, yang penting kita telaten dan rajin, insyaallah muka bersih bersinar bisa kita dapatkan hehehe :)

Langsung aja ya, ini beberapa langkah perawatan wajah dan tubuh yang aku rutin ngelakuinnya seminggu sekali. Check it Out ...

*Perawatan Wajah
Aku bahas mulai dari urutan pertama ya,,setelah kalian selesai membersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar, langkah selanjutnya adalah :
1. Peeling. Peeling berfungsi membantu mengelupaskan (exfoliating) sel kulit mati, jadi bila rutin dilakukan (seminggu sekali), kulitmu lebih cerah karena peeling mencegah kulit menjadi kusam. Bentuknya biasanya ada yang cream, gel, cair, lotion disertai butiran scrub yang agak kasar. Saat ini aku pake Etude Peel So Good Foam Cleanser #3 Diamond Peel. Scrubnya kasar, ada butiran merah, di kemasannya tertulis begini,
Diamond powder formulated facial foam cleanser supplies a thorough cleanse with a smooth peel
Directions : Apply to wet face and lather, massage thoroughly and rinse with warm water
Ada 3 macam, aku pake yang warna pink. Kalo untuk kekuatan scrub paling keras yang aku pake ini. Untuk kulit sensitif disarankan pake yang kuning atau biru.
Terlihat pada foto diatas ada sedikit "sparkling white",, mungkin itu kandungan diamond powdernya hehe.. :)
Sebelumnya, basuh muka dengan air, ambil peeling dan ratakan lalu dipijat perlahan sampai keluar seperti daki/kotoran, lalu bilas dengan air hangat ya. Aku udah pake peeling ini udah 9 bulan, dan belum habis juga karena aku pakainya seminggu sekali. Lumayan isinya, 130 ml.

2. Masker. Setelah pake peeling, kulitmu terasa kesat dan kering, langsung oleskan masker. Setahuku, Masker ada beberapa bentuk masker yaitu 
*Natural masker : masker yang terbuat dari daging buah asli/madu/telur
* Mask Sheet : masker yang bentuk topeng dan paling praktis dipake karena langsung dibuang.
* Masker Wash off : masker yang bentuknya cream/gel dan setelah dipakai ditunggu sampai mengering, lalu dibilas pake air hangat.

Kali ini aku pake masker dari etude, It's real Carrot Pack, ada 5 macam it's real pack,

3. Melembabkan Wajah. setelah masker dibilas, langsung kita timpa wajah dengan berbagai macam skincare. Ohya, untuk temen2 yang belum tahu urutan kasih krim ke wajah, pertama-tama :
*Toner, ada 2 macam, yaitu toner (penyegar) dan toner dlm perawatan orang korea, toner bentuknys lotion cair transparant. Berfungsi sebagai pelembab pertama. Aku pake Skinfood Royal Honey.
*Emulsion, bentuknya lotion agak kental daripada toner. Fungsinya mempersiapkan kulit untuk menerima serum dan cream.
*Essence/Serum, bentuknya lotion lebih kental dari emulsion. Dipake sebelum cream. Baiok itu cream pagi/malam. Serum ini efektif sekali dalam mempercepat kandungan dalam cream untuk bekerja. Biasanya harga serum lebih mahal daripada cream.
*Cream (Pagi/Siang), dipakai setelah serum. Cream ini yang biasanya lebih banyak dijual di pasaran. Aku sendiri pake ponds age miracle. 
*Cream Mata, sifatnya optional (pilihan), tergantung perlu dipakai/tidak. Aku pakai karena aku ada kantung mata, kalo kecapean, bisa sampe gelap warna kulit sekitar mata, Ga mau jadi zombie kannn?? Penting banget soalnya setelah aku rutin pake, kantung mata tidak sebesar dulu.
*Sunscreen/Sunblock, kalo kamu mau keluar diatas jam 8 pagi, penting pake sunscreen minimal spf 15. Walau cuaca mendung, tetap harus pake, karena sinar UV masih bisa menembus awan. Ohya untuk spf (sun protection factor) maksud angka adalah, contoh 15, berarti 15x2 = 30 menit waktu yang diperlukan buat kamu tahan diluar kena sinar matahari, setelah 30 menit, oleskan kembali sunscreen. Aku pake wardah sunscrren spf 30. Kalo malam hari ga usah pake sunscreen ya.


Kesimpulan :
Pagi/Siang urutannya : Toner - Emulsion - Serum - Cream - Sunscreen
Malam urutannya : Toner - Emulsion - Serum - Cream

4. Luluran, lulur hampir sama dengan peeling yaitu membantu pengelupasan sel kulit mati tubuh. Biasanya kalo di rumah aku cuma lulur di tangan, kaki, leher kecuali punggung, ga sampe tangannya ga menjangkau. Kalo mau semuanya, luluran di salon atau spa ya. Aku lulur biasa pake merk Ayudya, Sari Ayu Dewi Sri Spa dan Lulur Wardah. Aku suka banget pake scrub dari wardah ini, lembut, scrubnya kasar dan gampang banget kotoran digosok langsung cepet banget jatuhnya. Recommended product !

Setelah melakukan ke 4 langkah diatas, rasanya segar, badan rileks, dan siap untuk dimakeup hehe :) Yang pasti waktu dikasih lotion, kulitmu terasa halus, lembut, bersinar dan kenyal. 

Thanks for reading yaa






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar